StopGlobalWarming.org

Monday, September 10, 2007

Tempat Makan Enak di Bali

Bali..memang sebuah tempat yang perfect sebagai sebuah wisata kuliner disamping wisata pemandangan alamnya yang super indah tersebut. Beberapa tempat makan di Bali, terutama didaerah Kuta, Sanur, dan Denpasar yang menjadi rekomendasi saya saat ini adalah :

1. Warung Mak Beng

Warung yang terletak di jalan pantai Sanur dekat Museum Le Majeur, diujung jalan Hang Tuah/jalan Pantai yang menuju ke Hotel Inna Grand Bali Beach. Tempat maupun menu masakannya terbilang sangat sederhana, menu setnya hanya sepiring nasi putih, sepotong ikan goreng, sup ikan ditemani dengan sambal khasnya.

Hidangan yang luarbiasa maknyuuus ini disajikan dalam keadaan panas. Sehingga membuat kita yang memakannya seperti melakukan sauna, keringat mengucur deras karena efek dari sup yang diberi bumbu yang kaya akan rempah-rempah tersebut.Hmm..lezaaaattt.

Terakhir kami kesana sekitar bulan Agsutus 2007, harga untuk satu set tersebut adalah Rp. 16.000,- sedangkan untuk minuman sekitar Rp. 2000-Rp. 5000,-. Untuk catatan, banyak sekali yang makan siang ditempat ini, sehingga seringkali jam 3 sore persedian menu sudah habis. So, lebih pagi lebih baik tentunya.

Dan setelah makan, kita dapat berjalan-jalan melihat pemandangan diseputar pantai Sanur, mencoba kayaking, melihat museum lukisan Le Mayeur, dsb.

2. Warung Wardhani

Bali terkenal dengan nasi campur-nya yang berisi setangjup nasi putih, ditemani dengan lauk pauk seperti sate lilit, sayur, ayam suwir, ati-ampela cincang, daging semur, telor pindang, dsb.
Sebenarnya banyak sekali tempat untuk makan nasi campur di daerah denpasar, dan sekitarnya. Akan tetapi, tetap saja apabila dibandingkan rasa dan harga, warung Wardhani masih menjadi favorit saya.

3. Warung Ayam Kadewatan Ibu Mangku

Pertama kali kesini sekitar 3 bulan yang lalu, diberitahu oleh teman kami bahwa ada tempat makan nasi campur ayam khas Bali yang enak, dengan suasana yang menyegarkan. Saat itu juga kami meluncur kearah Jl. Tukad Badung, Denpasar (dekat jl. Pemuda).

Tempatnya cukup cozy, karena berkonsep rumah panggung2, dengan gemericik air dan suasana yang hijau. Menu set nasi campurnya berisi nasi putih, ayam suwir/dada ayam dimasak opor, sayur kacang panjang, sambal, dengan porsi dan rasa yang sangat pas dan cocok bagi lidah kami. Masakannya juga tidak terlalu pedas. Minuman yang oke disini untuk dicicipi menurut saya adalah es teh manisnya yang khas sedap wangi. Dan untuk itulah beberapa kali saya mampir ketempat ini.

Selain itu, banyak snack-snack yang menarik juga untuk dicoba, seperti kripik usus, kripik ceker, peyek bayam , dll.

4. NASI PECEL IBU TINUK

Bagi kawan-kawan yang ingin merasakan masakan jawa, nasi pecel Bu Tinuk dapat menjadi alternatif yang okeh juga untuk mendapatkan rasa dan harga yang sesuai. Warung Nasi Pecel Ibu Tinuk terletak dibeberpa tempat di Kuta yaitu di Raya Kuta dan Jalan Kediri, dan satu lagi di Jalan Teuku Umar, Denpasar.

Dengan keberagaman menu mulai dari nasi pecel saja (Rp. 3500), sampai ayam kalasan (Rp.12.000), otak goreng, empal, dan aneka sayur tersaji dengan manis disana. buka mulai pukul 9 pagi hingga 12 malam, menjadikan tempat makan ini menjadi pilihan disamping fastfood2 yang membosankan tersebut.

yah..itulah riview singkat saya mengenai tempat-tempat makan enak di bali, semoga bermanfaat. Pokoknya Maknyuuuusss!!!!

binsar pakpahan said...

waah... kalo di ubud gw tau rief... di warung bubu, panestanan, deket resto gajah biru... enak bener, fresh dan tempatnya asik. meme juga baik. anaknya namanya kadek... kalo ke sana lagi salam dari gw ya hahaha

Putu Sekar said...

saya sudah pernah coba semua... semuanya enak dan spesial ! sudah lama tidak ke Mak Beng.

putusekar.blogspot.com

Kania said...

wah..terima kasih infonya,
akan saya coba ke warung ayam Kedawetan.